Jumat, 08 Maret 2013

Kebudayaan Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki banyak kebudayaan. Ada tari-tarian, senjata tradisional dan rumah adat.

Tari-tarian

Tarian Su
matera Barat umumnya di tarikan oleh pria dan wanita umumnya memilii gerakan aktif dinamis, namun tetap pada alur dan tatanan yang khas. Kekhasan ini terletak pada tari Minangkabau yg belajar kepada alam. Pengaruh agama Islam, keunikan dat matrilineal, dan kebiasaan merantau jg mempengaruhi tari Minangkabau. Macam-macam tari Minangkabau:
1. Tari Piring

2. Tari Payung
3. Tari Randai

4. Tari Pasambahan
5. Tari Indang


(sumber: google)

Sedangkan seni tari pencak silat merupakan penggabungan dari gerakan tari dan seni beladiri khas Minang. Tarian ini biasanya diajarkan pada kaum pria sejak kecil untuk dijadikan bekal merantau.

Rumah Adat
Rumah adat Sumatera Barat disebut Rumah G
adang. Rumah adat asli setiap tiangnya tidaklah tegak lurus atau horizontal tapi mempunyai kemiringan. Karena orang dulu yang datang dari laut hanya tau cara membuat kapal, rancangan inilah yang ditiru dalam membuat rumah adat. Rumah adat juga tidak memakai paku tetapi pasak kayu. Karena itu rumah adat ini rawan gempa.

(sumber: google)

Senjata Tradisional

Senjatatradisional nya adalah keris. Keris biasanya digunakan laki-laki dan diletakkan di depan. Beberapa jenis tombak, pedang panjang, sumpit juga dipakai oleh raja-raja Minangkabau


(sumber: google)

Minggu, 22 November 2009

Budaya Sumatera Utara


Indonesia adalah negara kepulauan. Bentuk Indonesia yg merupakan negara kepulauan membuat Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa,banyak bahasa, dan kekayaan budaya. Salah satunya provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara terletak di Indonesia bagian Barat, Sumatera Utara terdiri dari beberapa suku bangsa yaitu suku Batak Toba, suku Batak Karo, suku Nias, suku Minangkabau, dan lain-lain. Setiap suku mempunyai ciri khas dan budaya masing-masing.
Sumatera Utara memiliki macam-macam tarian ada tari Tor-Tor yg ditarikan pada acara adat perkawinan, tari Profan yg ditarikan oleh muda-mudi pada pesta gembira, dan ada juga tari Perang dari suku Nias.
Sumatera Utara juga memiliki kain tenunan khas dari daerah mereka yaitu kain ulos dan kain songket. Kain tersebut biasanya digunakan pada acara-acara adat atau acara perkawinan.
Salah satu kebudayaan yg khas dari Sumatera Utara yg merupakan tradisi suku Nias yaitu tradisi lompat batu. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda matang atau dewasanya seorang laki-laki. Caranya yaitu dengan melompati batu setinggi 2 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar